13 Juni 2009

GETHOK TULAR



GETHOK TULAR

Dasar nasib orang lagi berjuang!
Waktu mobil saya parkir di halaman rumah kontrakan type 21,yang jalan gangnya sangat sempit,tanpa saya tahu,rupanya ada lori (:truk)yang lewat situ dan tergoreslah mobil saya dengan "luka'cat yang cukup panjang dan dalam.Masya Allah,betapa kecewanya saya malam itu,pertama
karena saya tidak tahu lori siapa yang nyerempet,karena menurut tetangga saat itu hujan deras dan ada katanya lori putih,tanpa informasi
lain.Kedua goresan panjang lori itu jelas2 merusak keindahan cat mobil,ketiga pasti akan keluar duit pada saat saya sangat membutuhkannya untuk sungkem kepada family di kampung.Karena sudah 3 tahun saya merantau dan sampai saat ini belum berjumpa dengan mereka.Disamping kangen yang sudah sampai ubun2 juga saya harus minta maaf atas segala dosa yang pernah saya perbuat,agar Ramadhan kali ini saya bisa menjalaninya dengan tenang,karena ridlo dan maaf dari mereka sangat saya butuhkan untuk menjadi spirit menjalani 'hukUman' di perantauan ini.
Untuk mengirit biaya,saya coba cari solusi murah untuk menutupi goresan di mobil itu..karena untuk mengecat ulang butuh biaya jutaan....apa ya..akhirnya tercetuslah ide untuk menutupnya dengan stiker.Tapi tulisan apa yang mau saya tempel?Ayam Goreng Kriuk...?Ah norak kaleee...Gus Pur...?Ah nanti dikirain sombong.Sampai beberapa hari belum keluar ide itu.Seminggu kemudian...cliing!Keluarlah ide membuat tulisan:GETHOK TULAR...!Nah kalau anda orang Jawa tulen pasti tahu apa arti dari GETHOK TULAR.Agar lebih maching dan sedikit gaul,tulisan itu saya rekayasa dengan : GETHOX'S TULAR.
Gethok Tular adalah sebuah trik marketing lama dari Jawa,yaitu bagaiamana kita mampu 'menjual'produk kita dimana pembeli /costumer kita akan menularkan informasi karena kepuasannya dengan produk dan jasa kita kepada orang lain.Inilah trik tingkat tinggi ala jawa kuno yang saya pakai untuk mendongkrak nama Ayam Penyet KR1UK ini agar lebih booming penjualannya.Trik sederhana memang,dengan marketing by smile plus rasa dan kwalitas yang terjaga orang akan menularkan kepuasannya kepada orang lain,dan orang tersebut akan menularkan informasi ini terus secara berantai kepada yang lainnya.Efektif,tanpa banyak keluar dana lebih untuk membuat kartu nama,iklan dan sebagainya.
Iklan itu memang dibutuhkan ketika usaha ini sudah mulai menunjukkan eksistensinya dan untuk menggapai kepada pelanggan baru,bahwa kita eksis dengan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki produk kompetitor.Tapi pada saat kita mengawali usaha,yang pertama kita lakukan terus menerus adalah GETHOK TULAR.

Percaya atau tidak akan keunggulan facebook,bahwa facebook mempunyai member jutaan,dan penyumbang terbesar dari banyaknya member
yang mendaftar disana adalah karena gethok tular,informasi dari mulut kemulut(maksudnya informasi dari mulut ketelinga kemudian masuk lagi kemulut lagi,gitu lho..hhh)diwarung kopi,kantor,dan sebagainya dan karena didukung oleh informasi dan promosi online,maka betapa boomingnya facebook hari ini.

2 komentar: